Fashion 

6 Manfaat Santan Murni untuk Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Beritaterkini99 – Kelapa menjadi salah satu buah yang populer dikonsumsi bagian air dan dagingnya. Buah ini juga diproses untuk menghasilkan santan, gula kelapa dan minyak kelapa.

Santan yang mengandung vitamin dan mineral ternyata miliki banyak manfaat bagi tubuh. Nah, penasaran apa saja manfaat kesehatan yang didapat jika mengkonsumsi santan murni? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Kamis (12/3/2020).

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Peneliti menyatakan bahwa santan murni bisa membantu menurunkan berat badan karena mengandung trigliserida rantai menengah atau (MCT). Trigliserida rantai sedang ini bekerja untuk menurunkan berat badan, lingkar pinggang dibandingkan dengan lemak lainnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa pria dengan kelebihan berat badan mengkonsumsi makanan yang mengandung trigliserida rantai menengah akan memiliki nafsu makan yang jauh lebih rendah.

2 dari 7 halaman

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kelapa mengandung asam laurat yang dikenal mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi dan menghambat pertumbuhan strain bakteri seperti Staphylococcus aureus, Mycobacterium tuberculosis dan Streptococcus pneumoniae.

Ini pada gilirannya membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri.

3 dari 7 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari santan murni adalah membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung karena adanya asam laurat di dalamnya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Mmetabolism menemukan bahwa mengkonsumsi santan murni bisa menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) sebesar 18%.

4 dari 7 halaman

4. Menurunkan Tekanan Darah

Kehadiran mineral penting seperti kalium, natrium, kalsium dan zat besi dalam santan murni bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Ini bekerja dengan meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga pembuluh darah tetap rileks dan bebas dari penyumbatan.

5 dari 7 halaman

5. Kelola Diabetes

Asam lemak rantai menengah dalam santan murni bisa membantu memperlambat laju gula darah dalam aliran darah. Ini mencegah kenaikan kadar gula darah, sehingga mengurangi timbulnya diabetes.

6 dari 7 halaman

6. Mencegah Peradangan

Sifat anti-inflamasi dalam asam laurat yang ada dalam santan murni bisa membantu menurunkan peradangan yang terkait dengan kondisi seperti radang sendi, nyeri dan nyeri otot.

Related posts