OTOMOTIF 

Tak Perlu ke Bengkel, Setel Rantai Motor Bisa Dilakukan Sendiri

Beritaterkini99 – Mengandalkan rantai sebagai penyalur tenaga, pemilik motor bebek dan sport wajib melakukan perawatan agar selalu bekerja maksimal. Tak hanya itu, penyetelan juga harus dilakukan agar komponen ini tak mudah kendur atau terlalu kencang.

Bisa dilakukan di rumah, pemilik kendaraan tak harus pergi ke bengkel untuk melakukan penyetelan. Untuk mengetahui apakah rantai sudah harus disetel, pemilik hanya perlu melihat fisiknya saja.

Seperti dilansir Federal Oil, Senin (17/2/2020), ketegangan rantai merupakan ciri paling mudah mengetahui apakah komponen ini sudah harus disetel ulang.

Hanya membutuhkan waktu 10 menit, pemilik diimbau tak malas mengecek rantai kendaran. Bila rantai sudah terlihat kering tanpa pelumas, pemilik juga harus memberikan cairan khusus.

Pengaturan rantai yang ideal yakni memiliki ketegangan maksimal 3 cm dari jarak renggang ketika rantai ditekan ke atas atau ke bawah.

 

2 dari 2 halaman

Bila Rantai Terlalu Kendur

Jarak renggang rantai yang ideal berpengaruh pada performa motor. Bila rantai terlalu kendur, selain bisa lepas, tarikan motor juga terasa berat sehingga konsumsi bahan bakar lebih boros.

Bila ukuranya sudah pas, jangan lupa lumasi rantai dengan cairan khusus. Hindari penggunaan gemuk ataupun oli bekas, karena akan membuat kondisi rantai lengket hingga mudah dihinggapi debu atau kotoran.

Related posts