SPORTS 

Beginilah Bila Rider MotoGP Diminta Mendesain Sirkuit Sendiri

Beritaterkini99 – Para rider MotoGP termasuk orang-orang yang paling beruntung di dunia. Bagaimana tidak? Selain mampu mewujudkan impian mereka untuk turun di ajang balap motor paling bergengsi di muka bumi, mereka juga berkesempatan berkendara di sirkuit-sirkuit terbaik yang pernah ada.

Sirkuit-sirkuit legendaris seperti Jerez, Spanyol; Le Mans, Prancis; Mugello, Italia; Catalunya, Spanyol; Assen, Belanda dan Phillip Island, Australia adalah beberapa sirkuit yang selalu dinanti-nantikan para rider MotoGP.

Lalu, bagaimana jika mereka diminta untuk mendesain sirkuit sendiri? Lewat MotoGP.com, Andrea Dovizioso, Marc Marquez, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Miguel Oliveira pun menunjukkan desain mereka kepada publik. Simak yang berikut ini yuk, Bolaneters!

1 dari 5

Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso

“Masalahnya, sungguh buruk. Saya tak mengira bakal begini. Saya coba menggambar sesuatu, tapi gagal. Mungkin ini panjangnya 20 km!” ujar Dovizioso, diiringi gelar tawa orang-orang. “Satu-satunya bagian penting adalah bagian yang mirip dengan chicane di Salzburg (Austria), di mana para rider biasanya mengalami chatter yang hebat. Saya ingat tikungan itu. Sungguh menyenangkan. Saya mohon maaf atas gambar saya!”

2 dari 5

Marc Marquez

Marc Marquez

Marc Marquez

Marquez, yang sangat menyukai balapan di arena dirt track, menciptakan gambar yang sungguh tak jauh dari kegiatannya di luar MotoGP. Ia pun memberikan penjelasan yang singkat, jelas dan padat. “Buat saya sih mudah. Hanya ada tikungan ke kiri dan sangat, sangat licin! Harus sangat licin!” ungkapnya.

3 dari 5

Valentino Rossi

Valentino Rossi

Valentino Rossi

Rossi pun menjadi satu-satunya rider yang menggambar sirkuit impiannya dengan persiapan matang. Ia mengaku terinspirasi dari sirkuit-sirkuit favoritnya. “Saya pernah melakukan hal serupa dengan La Gazzetta dello Sport tahun lalu. Tapi saya tak ingat gambar saya sendiri, dan gambarnya tidak tepat seperti ini. Saya ambil beberapa bagian sirkuit yang saya suka,” tutur The Doctor.

“Bagian pertama dari Montmelo, yakni Tikungan 1, 2 dan 3. Setelahnya, saya ambil bagian terbaik di sepanjang musim, yakni Casanova-Savelli dan Arrabbiata 1 di Mugello. Lalu saya mencoba meletakkan tikungan serupa Tikungan 6-7-8 yang sangat cepat di Phillip Island. Berikutnya, saya punya satu bagian lagi… tapi saya tidak ingat! Jadi saya tambahkan saja sebuah chicane pada akhir trek. Tak terlalu buruk. Panjangnya mungkin 3,8 km, agak pendek!” lanjutnya.

4 dari 5

Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo

Lorenzo, yang tahun ini membela Ducati Corse dan bakal membela Repsol Honda musim depan, menciptakan dua gambar sirkuit pada kanvasnya. Menurutnya, kedua sketsa tersebut ia buat untuk mewakili karakter motor Desmosedici dan RC213V.

“Untuk tahun ini, saya memilih sirkuit seperti ini (gambar kiri), selalu berbelok ke kanan, terdiri dari trek lurus menuju titik hard braking, kemudian trek lurus lagi menuju titik hard braking lagi, dan seterusnya. Sementara untuk tahun depan, sungguh sebaliknya; hanya tikungan, tikungan dan tikungan. Agak mirip Sachsenring. Mungkin ini sesuai dengan motor-motor yang saya kendarai!” ujarnya.

5 dari 5

Miguel Oliveira

Miguel Oliveira

Miguel Oliveira

Oliveira, yang musim depan naik ke MotoGP bersama Red Bull KTM Tech 3, punya sketsa yang mirip dengan sketa milik Marquez, namun ditambah dengan ornamen-ornamen unik sesuai imajinasinya. “Saya sungguh malu! Sirkuit saya agak mirip dengan milik Marc, karena saya juga suka tikungan kiri,” ujarnya.

“Selain itu, karena belakangan ini saya kerap dikelilingi alam terbuka, saya menambahkan gambar sapi kecil di sini, juga beberapa pohon dan rumput. Saya bahkan menambahkan paddock, jadi ini bukti saya memikirkan rider-rider lain. Media center juga ada di sekitar sana. Jadi, yah… tak banyak yang harus saya ceritakan dari gambar ini,” pungkasnya.

Nah, Bolaneters, menurut kalian sketsa siapa nih yang paling keren?

Related posts