TEKNOLOGI 

Perakit iPhone Pindah ke Indonesia, Mau Produksi Apa?

Beritaterkini99- Perusahaan asal Taiwan yang merakit komponen iPhone, Pegatron, akan memindahkan sebagian produksinya dari China ke Indonesia. Hal itu ditempuh karena dampak dari perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Lantas, apa yang akan diproduksi Pegatron di Indonesia?

Mengutip Nikkei, Jumat (7/12/2018), Pegatron memindahkan basis produksinya ke Indonesia, yakni di Batam untu menghindari tarif impor yang dikenakan AS.

Nah, Pegatron akan membuat produk non-IPhone. Sebab, non-iPhone ini yang dikenakan tarif oleh AS.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka jalur yang ditempuh ialah mencari wilayah yang tidak dikenakan tarif seperti Indonesia.

“Pabrikan elektronik yang berbasis di Taiwan sedang bersiap untuk mengalihkan produksi produk non-iPhone yang terkena tarif AS atas ekspor China ke pabrik yang disewa di Pulau Batam Indonesia dalam enam bulan ke depan,” demikian laporan Nikkei.

Perang dagang menjadikan posisi Pegatron menjadi terhimpit. Terlebih, perusahaan juga dihadapkan pada kenaikan upah.

Keputusan pindah ini tak akan diubah perusahaan. Meski, AS dan China memutuskan untuk ‘gencatan senjata’.

“Pertemuan Trump-Xi tidak akan mempengaruhi langkah Pegatron,” terang sumber Nikkei.

Pegatron sendiri sebenarnya juga memperhitungkan Vietnam sebagai lokasi investasi. Sebab, negara ini memiliki rantai pasok elektronik yang berkembang sejak kehadiran Samsung Electronics. Namun, Batam dianggap lebih berkembang sehingga menjadi pilihan.

Related posts